Pages

Sunday, July 30, 2017

Misi Hidup dan Produktivitas

Setelah berpikir keras mengerjakan NHW #7 tentang Tahapan Menuju Bunda Produktif yang saya belum lama saya posting, kali ini masih harus berpikir keras untuk mengerjakan NHW #8 tentang Misi Hidup dan Produktivitas. Bedanya dalam mengerjakan NHW #8, saya memaksa diri untuk -tidak hanya berpikir keras, tetapi juga- berpikir cepat. Hitung-hitung latihan menenggelamkan kebiasaan buruk saya yang lambat dan suka menunda karena terlalu perfeksionis, fiuuhhh >.<
Sesama perfeksionis, mana suaranya???

Bingung apa itu NHW? Cek di postingan sebelumnya ya :D

Baca : Belajar Menulis Lagi :)

Jadi begini, antara NHW satu dan yang lainnya memang tidak terpisahkan, saling sambung menyambung menjadi satu seperti Indonesia :) Tak terkecuali, NHW #8 yang masih lanjutan dari NHW #7. Dari kuadran di NHW #7, peserta diminta memilih satu aktivitas di kuadran suka dan bisa. Saya pilih belajar (aslinya belajar tematik sih).

Baca: Antara Suka-Tidak Suka dan Bisa-Tidak Bisa

Langkah berikutnya setelah memilih satu aktivitas di kuadran suka dan bisa, maka peserta diminta untuk menjawab pertanyaan BE DO HAVE.

1. Kita ingin menjadi apa? (BE)
Terkait dengan aktivitas belajar, saya ingin menjadi inisiator/penggerak pada bidang pemberdayaan perempuan dan anak-anak melalui pendidikan dan pelatihan.

2. Kita ingin melakukan apa? (DO)
Sudah terbayang beberapa hal di benak saya. Saya ingin melakukan hal-hal berikut:
a. Belajar ilmu utama dan pendukung mengenai bidang tersebut;
b. Melatih kecakapan/skill menulis, public speaking, bahasa asing, dan kecakapan lain yang diperlukan untuk mengkampanyekan bidang tersebut;
c. Melakukan bisnis pendidikan dan pelatihan

Untuk poin 2a bisa cek milestone-nya pada postingan saya sebelumnya.

Baca: Hasil Renungan: Kembali Fokus pada Cita-Cita Semula

3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
Kalau secara materiil ingin punya bisnis pendidikan dan pelatihan yang kreatif dan solutif. Yang dimaksud dengan solutif adalah bisnis yang saya bangun bisa memecahkan masalah sosial yang ada. Sedangkan yang dimaksud dengan kreatif adalah bisnis model ini belum pernah ada sebelumnya. Bentuknya seperti apa, sedang saya pikirkan. Salah satu yang sedang saya jalankan saat ini adalah toko buku online (silakan mampir ke sini). Dengan berbisnis buku (yang kontennya bagus tentu saja) sambil gencar mengampanyekan pentingnya membaca buku, saya berpikir akan lebih banyak orang yang membaca buku >>> ilmu bertambah >>> kualitas diri meningkat >>> berdaya minimal bagi dirinya sendiri. InsyaAllah kriteria solutif sudah, tapi kriteria kreatif belum terpenuhi. Nampaknya ini perlu sesi brainstorming lanjutan.


***

Pertanyaan selanjutnya....

1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita? (lifetime purpose)
Saya ingin lebih banyak orang yang bisa memperoleh pendidikan berkualitas sehingga bisa memberdayakan diri sendiri sekaligus menebarkan manfaat untuk lebih banyak orang. Supaya lebih banyak orang yang bisa jadi agen multi level marketing kebaikan, bukan agen multi level marketing masalah/keburukan :) Dengan pendidikan yang lebih baik, berharap masalah sosial di Indonesia jauh-jauh berkurang jumlah dan jenisnya.

2. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan? (strategic plan)
a. Resign? Masih menjadi pertanyaan saya juga. Sejujurnya saat ini, waktu saya sebagian besar dihabiskan untuk ngantor menjadi abdi negara. Saya ingin memiliki waktu lebih banyak untuk belajar dan fokus pada cita-cita saya. Ingin totalitas.
b. Mengembangkan bisnis, supaya bisnisnya makin solutif juga kreatif. Karena saya belum bisa mendeskripsikan pertanyaan HAVE dengan detail, jadi agak susah juga mendetailkan bagian ini.

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun? (new year resolution)
a. Selesai dengan masalah manajemen diri sendiri dan manajemen rumah tangga (sesuai dengan milestone KM 0 - KM 1.
b. Meningkatkan kemanfaatan bisnis toko buku online yang sudah berjalan dengan indikator bertambahnya jumlah buku yang dijual, bertambahnya jumlah pegawai dan membuat bisnis toko buku online memiliki lebih banyak nilai tambah (masing-masing indikator sesuai yang saya targetkan, tapi targetnya rahasia perusahaan ya).
b. Membuat rumah belajar di teras untuk anak-anak tetangga. Minimal sebulan sekali, dimulai dari Agustus 2017.
c. Mulai mewujudkan cita-cita BE dari yang paling mudah, lebih banyak menulis. Target, tiap pekan ada minimal satu update tulisan yang menginspirasi di blog dan menulis satu buku.

Untuk poin 3b sebelumnya juga sudah pernah saya tuliskan.

Baca : Proyek Menggenapi Tahun Menjadi Enam

Meskipun belum atau tidak ikut kelas Institut Ibu Profesional, yuk rumuskan BE DO HAVE sekaligus lifetime purpose, strategic planning, dan new year resolution versimu. Kalau hidup kita bisa lebih bermanfaat untuk banyak orang, kenapa tidak? Sharing di sini ya :)

No comments:

Post a Comment